Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang berfokus pada peserta didik sebagai konsekuensi dari kebijakan Merdeka Belajar. Dinamika pengembangan kurikulum Merdeka menarik untuk diamati. Profil Website ini mencoba mengikuti dinamika perkembangan terjadi termasuk kurikulum 2013 dan kurikulum 2006.

Tidak sebatas itu, Website ini menganalisis teori kurikulum yang menjadi basis pengembangan kurikulum, baik di Indonesia maupun dunia.

Para ahli kurikulum terus mengembangkan teori-teori baru untuk mengantisipasi kondisi saat implementasi kurikulum. Terkadang perubahan kurikulum itu disebabkan kondisi saat itu terjadi. Padahal produk kurikulum tersebut, yaitu peserta didik akan hidup di zaman yang berbeda dengan lahirnya kurikulum tersebut. Sehingga sangat menarik menganalisis hubungan antara pengembangan dan implementasi kurikulum di Indonesia baik kurikulum 2006, 2013 atau kurikulum merdeka.

Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia

Sejak pertama kali istilah kurikulum nasional muncul di Indonesia, penamaan kurikulum selalu bersamaan dengan tahun kemunculannya. Seperti kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Dinamika terbaru, muncul nama kurikulum merdeka tanpa menyebut kurikulum 2021 atau kurikulum 2024.

Pada tahun 2004, merupakan awal perubahan orientasi pengembangan kurikulum. Perubahan dari fokus materi ke kompetensi. Walaupun mulai ujicoba kurikulum 2004 menggunakan istilah kurikulum berbasis kompetensi.

Tahun 2006 ditetapkan secara resmi Kurikulum 2006. Kurikulum 2006 menjadi tonggak awal perubahan dasar Kurmer Istilah yang muncul kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP.

Muncul tahun 2013 kurikulum baru dengan nama kurikulum 2013. Membawa misi pendidikan karakter, kompetensi abad 21 dan literasi dalam konsep dan implementasi kurikulum 2013.

Masa Covid-19, kondisi darurat memunculkan kurikulum darurat. Belajar dari rumah dengan kondisi yang belum banyak mendukung menyebabkan learning loss. Hadir Kurikulum darurat menjadi solusi. Meskipun Konsep dasarnya adalah penyederhanaan kurikulum 2013 dalam implementasi kegiatan belajar dari rumah.

Sempat beredar isu penamaan kurikulum baru dengan kurikulum paradigma baru dan kurikulum prototipe. Resminya kurikulum merdeka yang menjadi nama kurikulum baru yang berlaku secara nasional. Walaupun implementasi Kurma (Istilah lain) sudah berjalan di beberapa satuan pendidikan.

Berbagai buku, penelitian dan website menjadi sumber dinamika implementasi kurikulum di Indonesia.

Semoga kehadiran website ini memberikan wawasan baru bagi para pemerhati dinamika perkembangan dan pengembangan kurikulum.