C.1. Cara Menentukan Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Daftar Isi

Loading

KurikulumMerdeka. Profil Pelajar Pelajaran terdiri dari 6 dimensi. Dalam menentukan DImensi profil pelajar Pancasila, Satuan pendidikan perlu memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

  • Tim fasilitator dan kepala satuan pendidikan menentukan dimensi P3 yang akan menjadi fokus untuk dikembangkan pada tahun ajaran berjalan.
  • Pemilihan dimensi dapat merujuk pada visi misi satuan pendidikan atau program yang akan dijalankan di tahun ajaran tersebut.
  • Disarankan untuk memilih 2-3 dimensi yang paling relevan untuk menjadi fokus yang sasaran projek profil pada satu tahun ajaran.
  • Sebaiknya jumlah dimensi profil pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam suatu projek profil tidak terlalu banyak agar tujuan pencapaian projek profil jelas dan terarah.
  • Penentuan dimensi sasaran ini akan dilanjutkan dengan penentuan elemen dan sub-elemen yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik di tahap pengembangan modul projek profil.
  • Apabila pimpinan satuan pendidikan sudah berpengalaman menjalankan kegiatan berbasis projek, jumlah dimensi yang dipilih dapat ditambah sesuai dengan kesiapan tingkat satuan pendidikan.

Kesimpulan

Satuan pendidikan menentukan dimensi profil dengan mempertimbangkan dua hal yaitu visi dan misi yang akan dicapai dan program yang akan dilaksanakan. Paling mudah dengan mengkaji ulang kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kemudian disesuaikan dengan dimensi profil pelajar Pancasila yang cocok.

Dimensi profil diharapkan tidak terlalu banyak dengan tujuan agar lebih terarah dan jelas profil yang akan dicapai.