Telaah Capaian Pembelajaran PAI SMP

Capaian Pembelajaran PAI SMP hanya ada 1 fase yaitu fase D. Sehingga Guru Pendidikan Agama Islam dituntut menyusun tujuan pembelajaran dan alur Tujuan Pembelajaran untuk 3 kelas, yaitu kelas 7, 8, dan 9.

CP PAI pada kurikulum merdeka ditetapkan berdasarkan SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022.


Regulasi:


Capaian pembelajaran PAI SMP di fase D disusun berdasarkan 5 elemen PAI, yaitu Al-Qur’an dan Hadits, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Peradaban Islam. Berikut rinciannya

Al-Qur’an dan Hadits

CP PAI SMP pada elemen Al-Qur’an dan Hadits sebagai berikut:

Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Dan Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam.

Akidah

CP PAI SMP pada elemen Akidah difokuskan pada rukun Iman, dengan deskripsi sebagai berikut:

Peserta didik mendalami enam rukun Iman.


Baca:


Akhlak

CP PAI SMP pada elemen Akhlak terdiri dari 4 kalimat dengan deskripsi sebagai berikut:

Peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia terhindar dari kebohongan dan berita palsu.

dan Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis-Hadis Nabi.

Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam termasuk ekspresi-ekspresinya.

Fikih

Capaian Pembelajaran PAI jenjang SMP pada elemen Fikih dengan deskripsi sebagai berikut:

Peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, riba, rukhsah, serta mengenal beberapa mazhab fikih, dan ketentuan mengenai ibadah qurban.

Sejarah Peradaban Islam

Capaian Pembelajaran PAI jenjang SMP pada elemen Sejarah Peradaban Islam (SPI) dengan deskripsi sebagai berikut:

Peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.


Artikel Terbaru:

 2,521 total views,  81 views today