Prinsip Objektif pada Asesmen Kurikulum Merdeka

Loading

Kurikulum Merdeka. Prinsip Objektif pada Asesmen Kurikulum Merdeka merupakan istilah baru yang muncul di Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka versi 2024.

Prinsip Asesmen Objektif pada Panduan Kurikulum Merdeka 2024

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan menerbitkan buku panduan pembelajaran dan asesmen versi 2024. Sebelumnya telah terbit panduan yang sama tahun 2022.

Terkait prinsip asesmen kurikulum merdeka, buku panduan pembelajaran dan asesmen tahun 2022 menyebutkan 5 prinsip asesmen.

Sedangkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen versi 2024 menyebutkan 3 prinsip asesmen kurikulum merdeka.

Baca: Prinsip Asesmen Kurikulum Merdeka, Bagaimana cara menerapkan nya?

Asesmen Objektif adalah penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan sesuai dengan tujuan Penilaian secara objektif, pendidik melakukan penilaian yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar peserta didik.

Contoh penerapan prinsip objektif

berikut ini beberapa contoh penerapan prinsip objektif

  • Pendidik menguatkan asesmen di awal pembelajaran yang berguna untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik.
  • Pendidik memikirkan tujuan pembelajaran pada saat merencanakan asesmen dan memberikan kejelasan pada peserta didik mengenai tujuan asesmen di awal pembelajaran.
  • Guru atau Pendidik menyediakan waktu untuk membaca, menganalisis, dan melakukan refleksi hasil asesmen.
  • Pendidik mendorong penggunaan berbagai teknik asesmen, bukan hanya tes tertulis/lisan, namun bisa menggunakan teknik asesmen observasi (pengamatan peserta didik secara berkala dalam kurun waktu tertentu) dan teknik asesmen performa (praktik, produk, projek, dan portofolio).

Sumber: Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka BSKAP Versi 2024