C. Sasaran Panduan Pengembangan KOSP Kurikulum Merdeka

Loading

Madrasahdigital.net. Sasaran Panduan Pengembangan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) dijelaskan di panduan ini untuk pihak yang terlibat dalam penyusunan Kurikulum Operasional.


Baca juga: A. Pengertian Profil Pelajar Pancasila

Sasaran Panduan Pengembangan KOSP

Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan diperuntukkan bagi:

1. Kepala Satuan Pendidikan

Kepala satuan pendidikan dapat menggunakan dokumen ini untuk memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.

Sebagai pemimpin proses belajar di satuan pendidikan, kepala satuan pendidikan perlu melakukan refleksi sebagai bagian aktivitas sehari-hari.

Proses refleksi menjadi budaya dan kebiasaan yang dilakukan secara personal dan sebagai bagian diskusi dengan seluruh anggota satuan pendidikan.

2. Pendidik

Pendidik dapat menggunakan dokumen ini untuk mengembangkan kurikulum yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan dan harapan peserta didik yang beragam di dalam satuan pendidikan.

Sebagai fasilitator proses belajar peserta didik di kelas, pendidik perlu mengembangkan rencana pembelajaran, kemajuan pembelajaran (learning progression), dan asesmen yang dapat memberikan umpan balik efektif dan melibatkan peserta didik.

3. Dinas Pendidikan

Dinas Pendidikan dapat menggunakan dokumen ini untuk memberi bimbingan bagi satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.

4. Pengawas atau Penilik

Pengawas atau penilik diharapkan dapat mendorong tiap satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional secara kreatif dan inovatif yang dijadikan sebagai referensi tiap anggota satuan pendidikan dalam perencanaan pembelajaran dan mencerminkan pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi peserta didik
dan pencapaian profil pelajar Pancasila.

Pengembangan kurikulum operasional tidak seharusnya menekankan pada pemenuhan aturan administrasi yang seragam.



Sumber: Panduan Pengembangan KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, 2022


Materi Pendahuluan KOSP Lainnya

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *