Pengertian Kurikulum Merdeka menurut Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024

Pengertian Kurikulum Merdeka Belajar Permendikbud Ristek No. 12 Tahun 2024

Loading

Kurikulummerdeka.com. Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 menjadi dasar hukum penetapan kurikulum merdeka menjadi kurikulum nasional. Sebelumnya masih menjadi pilihan selain kurikulum 2013 dan kurikulum darurat. maka perlu memahami lebih dalam pengertian dari kurikulum merdeka.

Pembahasan pengertian kurikulum merdeka fokus pada penjelasan Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024. Walaupun nama peraturan tersebut tidak mencantumkan kata merdeka, hanya tertulis Kurikulum pada pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar dan menengah. Hal ini mengacu kepada peraturan di atasnya, baik Peraturan Pemerintah maupun undang-undang, tidak menyebutkan istilah kurikulum merdeka.

Untuk menegaskan bawah ini merupakan kurikulum merdeka, maka pada pasal 1 ayat 2 dijelaskan bahwa Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang selanjutnya disebut Kurikulum Merdeka. Jadi maksud dari kurikulum di peraturan menteri ini adalah kurikulum merdeka.

Baca: Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 Kurikulum Merdeka

Penjelasan tentang pengertian kurikulum merdeka terbagi menjadi dua pembahasan yaitu kurikulum dan kurikulum merdeka.

1. Pengertian Kurikulum

Pasal 1 ayat 1 menjelaskan pengertian kurikulum pada kebijakan merdeka belajar. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum memiliki arti rencana atau program yang memiliki komponen tujuan, isi dan bahan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan komponen kurikulum termasuk pada pengertian kurikulum merdeka belajar yang terdiri dari 4 yaitu tujuan, isi, proses, dan penilaian.

Baca: Komponen Kurikulum Pendidikan

2. Pengertian Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberi fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.

berdasarkan Pengertian di atas terdapat 5 kata kunci yaitu fleksibel, esensial, kompetensi, pelajar sepanjang hayat, dan karakter Pancasila.

Fleksibel menurut bahasa adalah luwes atau mudah dan cepat menyesuaikan diri. Jadi kurikulum yang fleksibel artinya kurikulum merdeka memiliki keluwesan dan kecepatan menyesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik.

Esensial artinyaa perlu sekali, mendasar, dan hakiki. materi esensial adalah materi dasar, penting, pokok, yang perlu dipahami atau dikuasai oleh siswa. Jadi kurikulum merdeka berfokus pada materi dasar, penting, pokok yang perlu dipahami atau dikuasai oleh peserta didik sesuai jenjang pendidikannya.

Kompetensi adalah kemampuan yang kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Adapun kompetensi di kurikulum merdeka adalah kompetensi terbagi dua yaitu kompetensi intrakurikuler yang rumusan dalam bentuk Capaian Pembelajaran (pasal 9 ayat 1), dan kompetensi kokurikuler adalah profil pelajar Pancasila (pasal 17 ayat 1)


Sumber: BukuYunandra.com