Prinsip Perancangan Kurikulum Merdeka

Prinsip Perancangan Kurikulum Merdeka Belajar Permendikbud Ristek No. 12 Tahun 2024

Loading

Kurikulummerdeka. Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 menjelaskan salah satu dari komponen kerangka dasar kurikulum merdeka adalah prinsip perancangan kurikulum merdeka. Komponen pertama dari kerangka dasar yaitu tujuan kurikulum merdeka

Pengertian Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberi fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.

BacaKerangka Dasar Kurikulum Merdeka Menurut Permendikbudristek No.12 Tahun 2024

Prinsip Rancangan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka dirancang dengan 3 prinsip, yaitu

1. Pengembangan Kompetensi dan Karakter

Pengembangan karakter, yaitu pengembangan kompetensi spiritual, moral, sosial, dan emosional Peserta Didik, baik dengan pengalokasian waktu khusus maupun secara terintegrasi dengan proses pembelajaran.

Karakter kurikulum merdeka diwujudkan dengan profil pelajar Pancasila. Pasal 17 ayat 1, ciri profil pelajar Pancasila adalah

  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Bergotong royong;
  3. Bernalar kritis;
  4. Berkebinekaan global;
  5. Mandiri; dan
  6. Kreatif.

2. Fleksibilitas

fleksibel, yaitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi Peserta Didik, karakteristik Satuan Pendidikan, dan konteks lingkungan sosial budaya setempat. Bentuk fleksibilitas yaitu capaian pembelajaran dalam bentuk paragraf dengan fase. Tiap fase antara dua sampai tiga tahun.

3. Berfokus pada Muatan Esensial

berfokus pada muatan esensial, yaitu berpusat pada muatan yang paling diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter Peserta Didik agar Pendidik memiliki waktu yang memadai untuk melakukan pembelajaran yang mendalam dan bermakna.


Sumber: Bukuyunandra.com